Turunkan Biaya Produksi

Menurut Amran, untuk menurunkan harga pangan dan membenahi struktur serta rantai pasok pangan di Indonesia memerlukan waktu yang tidak singkat. “Nggak bisa singkat untuk bereskan pasar, butuh waktu tiga tahun.

Kami yakin ter bentuk struktur pasar baru,” terangnya. Kementan juga melakukan beberapa langkah alternatif guna meningkatkan produksi komoditas pertanian sehingga diharapkan harga komoditas pangan pokok bisa ditekan lagi. Melalui perbaikan irigasi, pemberian bantuan benih ung gul dan alat mesin pertanian, hitung Mentan, dapat menurunkan biaya produksi 30%40%.

Lalu dengan operasi pasar yang memangkas rantai pasok dari petani langsung ke konsumen, harga di tingkat konsumen bisa ditekan. Selain bergulir di kawasan Car Free Day Sarinah Thamrin, Toko Tani juga digelar serempak hari itu di beberapa lokasi ibukota, seperti Rusun Tambora Jakarta Barat, Rusun Klender dan Pasar Cijantung Jakarta Timur, Rusun Petamburan dan Rusun Tanah Abang Jakarta Pusat, serta di Kelurahan Ragunan, Pasar Lenteng Agung, dan Pasar Pondok Labu Jakarta Selatan.

Untung Sedikit, Pembelian Banyak Prinsip Toko Tani adalah menyediakan produk pangan dengan harga yang wa jar bagi konsumen namun tetap memberikan keuntungan bagi petani. Penjualan tetap untung walaupun sedikit, tetapi pembeli banyak dan terus-menerus.

Mentan menjelaskan, pendirian Toko Tani sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar Kementan bekerja sama bersama Perum Bu log untuk bisa me nye diakan produk pa ngan ber kualitas namun men jual de ngan harga murah. Jadi, diharapkan da pat menjadi pe nyeimbang saat terjadi lonjakan harga di pasaran.

Edhy Prabowo, Ketua Komisi IV DPR yang membidangi Per ta nian, Kehu tan an, dan Pangan meng ung kapkan, pasar murah Toko Tani sudah dicanangkan sejak tahun lalu dan merupakan sebuah gagasan yang bagus. “Ini langkah bagus untuk men dekatkan hasil petani kita pada konsumen,” ucapnya. Edhy berpendapat, adanya Toko Tani dapat menjawab persoalan gejolak harga sehingga harga di pasar bisa secara alami terkendali. Dalam kegiatannya Toko Tani bisa menjadi alat untuk menampung inovasi sektor pangan.

Selain itu Edhy berharap, TTI dapat menyebar ke seluruh Indonesia, khususnya ke lapisan terbawah masyarakat sehingga bisa diakses langsung. Pemerintah tahun ini menargetkan pembangunan seribu Toko Tani sebagai lembaga yang menampung hasil panen petani dan menyalurkannya langsung kepada masyarakat.

Dari target tersebut, saat ini sudah ada 300 unit yang terealisasi buka di seluruh wilayah Indonesia. “Pak Presiden menginstruksikan untuk membuka pasar murah tetapi berkualitas. Ini kita buka di seluruh Indonesia, bukan hanya di Jakarta,” pungkas Amran.