Mengoptimalkan Performa Ternak

Mengoptimalkan Performa Ternak

Pada kesempatan ini, Trouw meng adakan dua se mi nar teknis yang ber te ma kan “Bagaimana cara menangani Heat Stress dan Perle makan Hati” dan “Imbuhan pa kan untuk produksi yang op timal dengan pengguna an antibiotik yang bijak sana”. Dengan tema yang cukup me narik, kedua seminar tek nis tersebut dipenuhi oleh pa ra pengunjung. Mencegah Perlemakan Hati Bart Mourits, Global Technical Manager Products Trouw Nutrition, menjelaskan pentingnya peran hati pada ayam petelur. “Pada ayam, hanya hati yang bisa memetabolisme lemak. Sekitar 25%40% lemak dimetabolisme dalam hati dan ditransformasi menjadi kuning telur,” ungkapnya. Asupan lemak tidak boleh sampai berlebihan, lanjut alumnus Universitas Utrecht itu, karena da pat menyebabkan Fatty Liver Haemorrhagic Syndrome (FLHS).

Bila kandungan lemak mencapai 40%-70%, hati menjadi rapuh dan mengalami pendarahan. FLHS sering terjadi pada masa puncak produksi dan menjelang akhir produksi. Untuk menurunkan kadar lemak dalam hati, ia meng anjurkan penggunaan produk berna ma Farm-OSan FLS. Selain itu, peternak sering menghadapi heat stress. Gangguan heat stress menyebabkan ayam berhenti makan, meningkatkan presentasi kematian, serta menurunkan kualitas daging dan telur. “Ketika terjadi heat stress, kurangi kepadatan ayam, tingkatkan ventilasi, sediakan air minum dingin dan pakan selama periode suhu rendah, dan se diakan suplemen Farm-O-San AHS. Suplemen ini dapat berfungsi untuk menurunkan pH, menambah Na+ dan K+ untuk mengompensasi elektolit yang hilang, Vitamin C, dan Mg sehingga dapat mengurangi stres,” kata Mourits.

Penggunaan Antibiotik yang Bijaksana Sementara Maarten vander Heijden, Global Business Manager Feed Additive Trouw Nutrition, memaparkan tren dunia yang menekan penggunaan antibiotik dalam produksi daging untuk mengatasi kasus resistensi antibiotik pada manusia. Pada 2050, diperkirakan 10 juta kematian terkait resistensi mikroba. Karena itu, “Perusahaan makanan seperti McDonald, KFC, dan Chick-Fil-A menyatakan hanya akan menggunakan daging tanpa antibiotik,” ungkap Van der Heiden. Bila peternak In donesia juga mau mengurangi pe makai an antibiotik, Trouw menawarkan pro duk yang meng ha sil kan performa se banding dengan performa anti biotik sebagai pe macu pertum buhan (AGP) yaitu Selko®pH dan Presan. Selko®pH adalah kombinasi asam organik yang ter-buffer dan berfungsi secara sinergis untuk menurunkan pH pada air minum dan menekan pertumbuhan bakteri patogen dalam saluran pencernaan. Sedangkan Presan untuk mengontrol mikrobiota saluran cerna, meningkatkan integritas usus, dan menggertak kekebalan lokal. Untuk pelanggan yang ingin solusi menyeluruh, pihaknya menyediakan pro gram Feed, Farm, Health, Management.