Biomin Singapore Produsen imbuhan pakan ini memamerkan antimikotoksin, seperti Mycofix dan probiotik. “Pakan di seluruh dunia tidak akan terbebas dari mikotoksin. Mycofix ini membuang toksin-toksin yang ada dalam pakan,” ujar Edward Manchester, Regional Director Biomin Singapore Pte Ltd. Antimikotoksin ini bekerja dengan cara absorbi, biotransformasi, dan bioproteksi. Absorsi untuk menetralisasi atau mengeliminasi semua toksin.

Biotransformasi mengubah toksin menjadi nontoksin. Bioprotektif melindungi liver dan meningkatkan daya tahan tubuh. Keunggulan produk Biomin didukung riset dan pengembangan yang berpusat di Austria. “Di lapang kami punya technical service yang kompeten mendukung pelanggan supaya mereka nyaman.

Itu yang penting,” imbuhnya. Evonik Indonesia Perusahaan dari Jerman ini menampilkan produk bar u AQUAVI Met-Met. Menur ut Mercywati Subianto, Business Manager Indonesia Animal Nutrition Evonik Indonesia, AQUAVI Met-Met adalah produk pertama di dunia yang didesain khusus untuk industri akuakultur dengan tingkat kelarutan yang sangat rendah sehingga pakan bisa bertahan lebih lama di dalam air dan cepat ter urai di saluran pencernaan.

Hasil percobaan di banyak negara menunjukkan, AQUAVI Met-Met terbukti dua kali lipat lebih efisien dari DL-methionine. Keunggulan ini meningkatkan efisiensi dan keberlangsungan bagi budidaya udang. AQUAVI Met-Met awalnya disediakan untuk udang dan jenis krustasea, namun saat ini efisiensinya juga sedang diuji untuk spesies lainnya.Hidup Baru Plasindo Produsen lokal plastik tambak ini menawarkan plastik mulsa, high density polyethylene (HDPE), dan low density polyethylene (LDPE).

Menurut Chandra Adisantoso, Marketing Executive PT Hidup Baru Plasindo (HDP), plastik pelapis tambak yang dihasilkan menggunakan bahan baku biji plastik murni tanpa campuran, kuat, dan mudah disambung. “Di tambak kan nggak ada listrik, disambung pakai setrika arang juga bisa,” katanya. Plastik HDPE dan LDPE dibuat dalam ukuran kecil, lebar 2-4 m dan panjang 50 m, untuk memudahkan pengangkutan ke tambak.

Sedangkan plastik mulsa berukuran 50, 80, dan 90 mikron dengan panjang 3 m. Keikutsertaan HDP pada pameran APA 2016 guna ekspansi pasar luar Pulau Jawa, seperti Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.