Instrumen Penguji Proksimat Cepat dan Tepat dari Buchi

Instrumen Penguji Proksimat Cepat dan Tepat dari Buchi

Instrumen penguji proksimat milik Büchi, NIR (Near Infra Red) Online, diklaim mampu meningkatkan laba kotor pada industri pakan. NIROnline merupakan instrumen penguji proksimat seperti kandungan protein, lemak, kadar air, kadar abu, dan serat suatu sampel, yang bisa dipasang pada pipa atau bagian lain pada proses produksi, misal mixer/conveyor. Data multi parameter yang didapatkan dari NIROnline setiap 3 detik memberikan hasil yang terus menurus sehingga semua sample selama proses produksi bisa termonitor saat itu juga. Dengan control chart yang ditampilkan membantu operator mesin dalam memonitor kondisi produksi.

Erni Susanti, mengatakan fungsi NIR bukan untuk menggantikan metode konvensional seluruh aktivitas di laboratorium, tetapi mempercepat proses analisis kontrol titik kritis. “Untuk analisis protein biasanya menggunakan metode Kjeldahl yang prosesnya memakan waktu hingga dua jam, analisis lemak bisa tiga jam, dan lain-lain. Dengan NIROnline, indikator multiparameter tersebut bisa langsung terbaca dalam hitungan detik. Apabila terjadi penyimpangan nilai parameter dalam proses produksi, bisa langsung diambil tindakan,” jelas Product Support & Marketing Communication PT Buchi Indonesia, perwakilan Buchi Labortechnik AGSwiss yang ada di Tangerang ini. NIROnline untuk Pabrik Pakan Bagaimana meningkatkan laba pabrik pakan?

Dalam presentasinya bertajuk Optimize Gross Margins for Feed Company pada seminar Indo Livestock Expo & Forum 2016 (29/7), Erni menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pihak pabrikan. “Yang pertama, memonitor bahan baku, kemudian memberikan informasi kualitas bahan baku untuk penyimpanan. Tujuannya supaya mempermudah bagian produksi saat akan menggunakan bahan baku tersebut sesuai dengan spesifikasi produk yang akan dibuat,” jelasnya. Menurut alumnus ITS 10 November, Surabaya, optimasi yang bisa lakukan adalah saat pencampuran bahan baku, monitoring kualitas produk selama proses dan tentunya optimasi selama operasional penggilingan, pembentukan pellet sampai pengemasan pakan tersebut.

NIROnline yang bentuknya kecil dapat dipasang pada setiap titik kontrol yang ditentukan (critical control points). Alat ini bisa diletakkan di penerimaan bahan baku, penyimpanan bahan baku, pencampuran, proses penambahan aditif, produk jadi, dan pemuatan produk jadi. Di penerimaan bahan baku, lanjut Erni, NIROnline yang dipasang pada titik kontrol tertentu dapat menganalisis seluruh bahan baku yang melewatinya. “Jadi seberapa banyak bahan baku yang masuk, semuanya dapat dianalisa, bukan hanya mengambil sebagian sample seperti yang biasa dilakukan,” katanya. Selain itu, masalah di proses produksi dapat terdeteksi lebih awal sehingga dapat diambil tindakan lebih cepat sehingga menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu ada pengerjaan ulang.