Inspirasi dari Para Peraih Prestasi

Inspirasi dari Para Peraih Prestasi

Pameran Indo Livestock 2016 Expo & Forum yang ke-11 di Jakarta Convention Center, Jakarta, 27-29 Juli 2016 meraih sukses besar. Sebanyak 500 lebih peserta dari 33 negara menyesaki dua aula. Menu rut Effi Setiabudi, Ketua Penyeleng gara dari PT Napindo Ashatama, “Ani mo peserta tahun ini sangat besar. Yang istimewa pada penyelenggaraan Indo Livestock kali ini adalah kegiatan product presentation yang mencapai 80 seminar dari berbagai perusahaan. Yang rutin adalah pemberian penghargaan Indo Livestock Award,” ungkapnya. Ketua Dewan Juri Desianto Budiutomo, membacakan lima peraih award tahun ini, yaitu Bangun Karso Farm, Bogor; Koperasi Agro Niaga Jabung, dari Malang, Jatim; CV Jatinom Indah, dari Blitar; PT Medion dan PT Caprifarmindo, keduanya dari Bandung. Berikut kisah sukses dan inspirasi dari mereka. Bangun Karso Farm Peternakan di Bogor ini dirintis sejak 1996 dengan populasi kambing peranakan ettawa (PE) sebanyak 20 ekor.

Sekarang jumlah populasi ternaknya melesat hingga 300 ekor kambing PE, 1.800 ekor domba, dan puluhan ekor sapi. Bahkan, sang pemilik, Bangun Dioro juga menyilangkan kambing Saanen dan PE yang dinamai Sapera (Saanen Peranakan Ettawa) dan domba Texel dengan domba Priangan. Sersan Mayor kelahiran Banyumas, Jateng, ini mengaku sangat mencintai kambing sehingga sangat tahu cara mengembangkan kambing. Sembari berseloroh, ia mengatakan, istrinya pun dibuat cemburu karena ia lebih memperhatikan kambing-kambing nya. Hasil persilangan kambing perahnya cukup menggembirakan. “Kambing PE hanya menghasilkan susu 0,8-1,5 liter/hari. Sedangkan Sapera bisa sampai 8 liter/hari, saya kasih nama Jupe,” candanya.

Demikian pula hasil persilangan dom banya, Texel besar tetapi hanya ber anak setahun sekali, sedangkan priangan mampu beranak banyak tapi ukurannya kecil. “Hasil silangnya bisa beranak tiga, cepet besar, bobotnya dalam tiga bulan 20-30 kg. Ini cocok untuk kebutuhan pasar sate,” pungkas pria berusia 44 tahun ini. Dalam pameran Indo Livestock ke-11 di Jakarta ini, PT Trouw Nu trition Indonesia mengangkat tema “Creating Value Together”. Stan perusahaan multinasional asal Negeri Belanda tersebut menampilkan konsep open space booth dimana tim Trouw yang hadir siap mem berikan konsultasi dan pe ngetahuan seputar nutrisi ternak.