Imbuhan Pakan Ternak Pengganti AGP

Imbuhan Pakan Ternak Pengganti AGP

Perusahaan asal Perancis yang ba ru saja mengubah namanya dari InVivo NSA Group menjadi Neovia ini dalam waktu dekat akan melepas produk baru, yaitu B-SAFE. Apa B-SAFE ini? “B-SAFE merupakan tembaga/copper (Cu) yang telah diaktivasi dan diba wa oleh carrier tanah liat (clay) khusus.” Cara Kerjanya Dominique Chavatte, Poultry Market Manager Neovia Group, menjelaskan, B-SAFE dapat mengoptimalkan kerja mikroflora dan mengamankan proses pencernaan pada hewan. “B-SAFE yang bermuatan positif akan menarik bakteri yang bermuatan negatif seperti prinsip kerja magnet,” jelasnya pada presentasi dengan topik “B-SAFE: An Alternative Solution to Antibiotic Growth Promoter” di ajang Indo Livestock Expo & Forum 2016, Jakarta (29/7). Prinsip kerja B-SAFE, yaitu mengendalikan flora patogenik yang bermuatan negatif dan positif pada sistem pencernaan. “Dengan terkontrolnya flora patogenik, saluran pencernaan terlindungi sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi,” lanjut doktor yang baru pertama kali mengunjungi Indonesia ini.

Senyawa tembaga tersebut diaktivasi dengan proses yang unik. Pengaktivasi an dikondisikan pada tekanan dan suhu tertentu sehingga terjadi proses pertukaran ion senyawa tembaga masuk ke dalam tanah liat yang spesifik. “Aktivitas antimikroba dapat terjadi karena tembaga teraktivasi di permukaan tanah liat,” jelas Dominique. Dengan ukuran partikel yang kecil, BSAFE dapat tersebar merata di saluran pencernaan sehingga terjadi kontak langsung dengan bakteri. Bakteri ditarik oleh B-SAFE lantaran perbedaan muatan antara dinding sel bakteri dan tembaga aktif. Kontak yang terjadi ini akan me nyebabkan membran bakteri terganggu sehingga bakteri tidak bisa berinteraksi secara normal dengan lingkung annya. Senyawa tembaga yang jumlahnya sangat sedikit itu juga tidak mudah terlepas dari tanah liat sehingga aman di saluran pencernaan. Efektif Mengurangi Bakteri Patogen Berdasarkan penelitian laboratorium independen di Perancis, B-SAFE terbukti menghambat patogen dan mengurangi bakteri lebih dari 99,99%. Bakteri yang digunakan dalam penelitian adalah Salmonella typhimurium (ATCC 14028), Campylobacter jejuni (CIP 70- 2T), Clostridium sporogenes (CIP 7939), dan E. coli (CIP 7624). Uji invitro menunjukkan adanya penurunan populasi bakteri dari 108 menjadi 103 .

Selain menurunkan populasi bakteri tersebut, B-SAFE juga teruji efektif terhadap bakteri yang telah multiresisten seperti E. coli. Bakteri multiresisten untuk pengujian diisolasi dari peternakan di Perancis. Pengujian B-SAFE terhadap E. coli (CIP 7624) sebagai kontrol, E. coli O2K1, E. coli O78K80, E. coli O1K1, dan E. coli K99 terbukti pula mampu mengurangi bakteri hingga lebih dari 99,99%. B-SAFE tersedia dalam dua jenis konsentrasi. Salman Fuadi, DVM, Technical Sales Supervisor for Feed Additive & Premix Neovia, mengungkapkan, BSAFE SD dapat dicampurkan dalam pakan ternak. Sedangkan yang B-SAFE HC memiliki konsentrasi 10 kali lipat sehingga dapat digunakan untuk premiks dan mikrodosis. “Dengan kualitas yang termostabil dan tahan terhadap proses ekstrusi serta granulasi, imbuhan pakan ini dapat disimpan selama dua tahun selama kemasan tertutup rapat. Manufaktur BSAFE telah tersertifikasi ISO 9001 dan GMP,” pungkas Salman.